DASAR PEMASARAN (Harapan Konsumen yang Semakin Tinggi dan Persaingan Antar Perusahaan)

Seiring berjalannya waktu kebutuhan akan suatu barang pasti semakin meningkat. Terutama barang-barang elektronik yang setiap minggunya ada saja produk baru yang di tawarkan. Semua itu di buat dan di tawarkan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Costumer Today :

Harapan semakin tinggi :

Customer atau yang lebih kita kenal dengan konsumen adalah target dalam proses pemasaran. Konsumenlah yang menilai bagaimana kualitas dan kuantitas suatu produk. Konsumen ingin selalu mendapatkan yang terbaik. Karena sifat manusia yang tidak pernah puas dalam segala hal.

Sebagai konsumen kita pasti mengharapkan suatu produk yang bisa memenuhi kebutuhannya. harapan itu akan semakin tinggi seiring berjalannya waktu, karena perubahan teknologi dari setiap jaman yang semakin modern dan serba canggih.

Harapan setiap konsumen akan produk pasti berbeda-beda antara orang yang satu dengan orang lain. Contohnya seperti handphone(hp). Awalnya handphone ini di pasarkan oleh produsen kepada konsumen untuk mempermudah dalam berkomunikasi antara orang yang satu dengan orang lainnya, dengan media telpon dan SMS. Dengan HP ini kita bisa berkomunikasi dengan orang lain dimana saja dan kapan saja mereka berada dengan telepon atau pesan singkat(SMS), karena alat komunikasi ini memungkinkan untuk dibawa bepergian.

Handphone pada awalnya hanya terbatas pada alat komunikasi saja. Dengan resolusi warna yang sangat sederhana hanya menggunakan 1 lampu dan kapasitas data’y pun sangat terbatas, mungkin hanya cukup untuk puluhan daftar kontak dan untuk menyimpan beberapa pesan SMS saja. Dan ukuran handphone ini pun masih terbilang besar.

Karena semua yang serba terbatas dan sederhana konsumen pun merasa bosan dan menginginkan alat komunikasi yang memiliki fitur-fitur lain, selain itu ukuran pun cukup di perhitungkan mengingat handphone yang compertable agar lebih mudah di bawa kemana-mana.

Bagi yang sering beper gian pasti konsumen menginginkan handphone yang memiliki fitur multimedia yang lengkapseperti camera dan video untuk mengabadikan saat-saat tertentu atau music agar konsumen tidak merasa bosan saat dalam perjalanan.

Bagi pekerja kantoran, pasti tidak setiap saat bisa mengerjakan tugas-tugasnya, maka dari itu mereka membutuhkan handphone yang memiliki sistem operasi seperti windows dan internet agar mereka bisa mengerjakan tugasnya dimana saja mereka berada,karena handphone yang mudah untuk dibawa bepergian.

Tidak hanya sampai disitu, untuk mendukung semua itu konsumenpun membutuhkan handphone yang memliki penyimpanan data yang besar untuk menaruh fitur-fitur pendukung yang ada pada handphone.

Mengingat manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Banyak konsumen yang menjadikan handphone sebagai lifestyle-nya. Maksudnya mereka yang tidak bisa lepas dengan alat komunikasi ini pasti menginginkan handphone yang bergaya modern mengikuti perkembangan zaman, mulai dari betuk, fitur, dan kegunaannya.

Company Today :

Persaingan semakin tajam :

Company atau yang lebih kita kenal dengan perusahaan merupakan produsen yang menciptakan suatu produk demi memenuhi kebutuhan konsumennya.

Dengan banyaknya harapan – harapan pada konsumen akan suatu produk, maka akan terjadi persaingan yang semakin tajam antar perusahaan dalam memasarkan produksinya.

Perusahaan selalu bersaing dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Karena harapan konsumen yang semakin tinggi seiring berjalannya waktu, maka perusahaan pun berlomba – lomba membuat dan memasarkan produk yang dapat memenuhi harapan konsumen. Selain itu perusahaan pun ingin produknya di pandang lebih baik di banding produk lain yang sejenisnya.

Contohnya adalah persaingan perusahaan telepon genggam atau handphone, yaitu NOKIA, Sony Ericsson, SAMSUNG,MOTOROLA,Blackberry dll. Untuk memenuhi harapan-harapan dari konsumen seperti yang telah di cantumkan di atas. Produsen pun bersaing untuk membuat handphone yang diinginkan.

Dalam hal multimedia produsen pun membuat hanphone mulai yang awalnya hanya dengan satu warna kini menjadi ribuan warna bahkan Nokia memiliki puluhan juta warna dalam resolusi gambarnya.

Selain itu produsen pun menambahkan camera untuk foto maupun video untuk konsumennya yang senang foto-foto. Bahkan produsen bersaing pula dari segi pixel camera tersebut, mulai dari awalnnya yang hanya VGA, naik menjadi 1,3MP(mega pixel), naik lagi menjadi 2 MP, sampai ada salah satu dari produk Sony Ericsson yang mengusung camera dengan 12 mega pixel-nya. Selain itu produsen pun menambahkan fitur musik dalam format MP3 untuk konsumen yang senang mendengarkan musik. Bahkan saat ini handphone baru yang beredar telah menggunakan format MP4 atau music yang di sertakan video clip-nya. Nokia pun membuat hand phone yang di khususkan untuk music, atau yang lebih kita kenal dengan Xpress Music.

Tidak hanya dari segi multimedia. Produsenpun membuat handphone yang memiliki system operasi seperti windows yang banyak terdapat pada handphone buatan Motorola. Biasanya handphone ini digunakan pekerja kantoran untuk mengerjakan tugas kantornya.

Selain itu penambahaan internet dalam handphone pun turut andil dalam mendongkrak popularitas handphone yang telah menjadi gaya hidup bagi penggunanya. Produsen pun seiring berjalannya waktu semakin meningkatkan kualitas jaringan internet pada produknya seperti 3G yang kecepatannya hingga 3Mbps,HSDPA, bahkan HASUPA yang kecepatan datanya bisa mencapai 7,2Mbps. Untuk mendukung fitur-fitur tersebut di tambahkan pula Memory Eksternal yang bisa mengimpan data hingga 32GB tergantung dari jenis handphone yang digunakan.

Selain itu ada pula games,kalender,radio dll. Untuk mendukung kebutuhan konsumen sehari-hari yang tidak bisa lepas dari alat komunikasi canggih ini.

Untuk menarik minat konsumen yang lebih banyak lagi, produsen membuat tipe QWERTY yang keyped-nya menyerupai komputer. Ada pula yang bebuat dengan resolusi touchscreen(layar sentuh) type ini biasanya memiliki ukuran layar/LCD besar, karena handphone jenis ini tidak memiliki keyped.

Kesimpulan

Seiring berjalannya waktu dan kehidupan yang semakin modern. Produsen pun meningkatkan kualitas dan kuantitas barang-barangnya untuk memenuhi segala kebutuhan konsumen. Tidak hanya itu produsen pun berlomba untuk menjadikan produknya sebagai produk unggulan atau menjadi yang terbaik di banding produk sejenis lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s