Ironi Akibat Banjir Jakarta

Banjir bukan lah hal baru yang terjadi di Ibu Kota, bahkan selama masa penjajahan banjir sudah sering melanda Jakarta. tetapi hingga saat ini belum ada solusi yang  pas yang berdampak signifikan untuk mengurangi banjir yang setiap musim hujannya terjadi.

Kalau kita hitung-hitung kerugian ekonominya, mungkin cukup memakan waktu dalam mengkalkulasi jumlah kerugian di setiap tahunnya. karena selain merusak fasilitas umum, kendaraan, dan rumah-rumah warga banjir juga mengakibatkan lumpuhnya transportasi, sebab dengan lumpuhnya akses masyarakat dalam beraktivitas banyak masyarakat yang tidak bisa sampai ke tempat kerjanya karena terjebak banjir atau pun transportasi yang biasa mereka gunakan tidak lagi beroperasi karena jalurnya terendam dan tidak bisa di lewati. 

Seperti halnya KRL jabodetabek yang tidak dapat beroperasi dengan semestinya , karena terdapat beberapa stasiun yang terendam banjir cukup tinggi seperti di manggarai, tebet, bukit duri dll. Seperti KRL bogor-jakarta yang beberapa hari lalu hanya bisa mencapai stasiun pasar minggu, sehingga banyak penumpangnya yang lebih memilih untuk kembali pulang ke rumah.

Selain itu perusahaan banyak juga yang tidak dapat beroperasi karena pegawainya tidak bisa mencapai tempat kerja, atau pun pabriknya yang terendam banjir sehingga tidak di mungkinkan untuk berproduksi.

Dari sisi pendidikan banyak juga sekolah-sekolah yang terendam banjir, sehingga banyak anak-anak yang tidak dapat bersekolah. Bahkan di saat sekolahnya sudah dapat di gunakan untuk KBM masih banyak anak-anak yang tetap tidak dapat bersekolah karena pakaian serta buku pelajaran banyak yang hilang tersapu banjir. ada pun fasilitas umum lain serta tempat pelayanan masyarakat yang untuk sementara tidak dapat digunakan seperti puskesmas, rumah sakit , kantor kecamatan dsb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s